Sejarah Lembaga Pendidikan Formal Dan Non Formal
Sejarah Lembaga Pendidkan Smk 1 Negeri Pinrang
(Pendidikan Formal)
Smkn 1 Pinrang terletak di jln. Langnga
Tasokkoe,Kecamatan Watang Sawitto, Kelurahan/Desa Salo, Provinsi Sulawesi
Selatan. SMKN 1 PINRANG berdiri pada tahun 1979, lokasi sekolah berada di
tasokkoe. Dulu hanya ada 2 jurusan, tapi sekarang sudah menjadi 6 jurusan yaitu
jurusan multimedia, adm. perkantoran, tata busana, listrik, akutansi, dan
pemasaran.
Sekolah merupakan lembaga pendidikan dan sekaligus
sebagai pelayan peserta didik (Client Society),
keberadaan SMKN 1 Pinrang yang secara geografis berada ditengah-tengah
mereka, harus mampu menjembatani dan sekaligus menyesuaikan terhadap kebutuhan
yang diperlukan masyarakat. Kebutuhan Lingkungan Kabupaten Pinrang sangat erat
dengan kebutuhan teknologi..
Berikut ini adalah Data Sekolah serta Kepala Sekolah
yang pernah memimpin SMKN 1 PINRANG dimulai dari sejak berdirinya SMKN 1
PINRANG sampai dengan saat ini :
IDENTITAS
SEKOLAH
Nama
|
: SMKN
1 PINRANG
|
NSS
|
: 341191404001
|
Alamat
|
: Jln. Langnga Tasokkoe
|
Kecamatan
|
: Watang Sawitto
|
Kabupaten
|
: Pinrang
|
Provinsi
|
: Sulawesi Selatan
|
NPSN
|
:40314104
|
No. Telp
|
:0421923789
|
Kode Pos
|
:91217
|
E-mail
|
: smkn1_prg@yahoo.co.id
|
Waktu Persekolahan
|
: Sekolah Pagi
|
Akreditasi
|
: Akreditasi A
|
Jenjang
|
: Sekolah Menengah Kejuruan
|
Status
|
:Negeri
|
Kelurahan
|
:Salo
|
Website
|
:
http://www.smkn 1 prg.sch.id
|
Visi Dan Misi Smk Negeri 1 Pinrang
VISI
Menjadi lembaga pendidikan kejuruan yang
unggul,religius,berkarakter,dan berwawasan lingkungan serta dapat bersaing di
era globalisasi
MISI
1. Mengembangkan model pendidikan kejuruan yang unggul di bidang
BisnisManajemen, Teknologi dan Seni Kerajinan
berbasis E-learning
2. Mengembangkan standar rancangan pelaksanaan proses
pembelajaran yang berkarakter
3. Mengembangkan standar fasilitas pembelajaran yang Berbasis
Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK)
4. Meningkatkan peran aktif warga sekolah dalam upaya
pelestarian, perlindungan, dan pencegahan akibat pencemaran dan kerusakan
lingkungan
5. Melakukan sertifikasi kompetensi di bidang Bisnis Manajemen,
Teknologi, dan Seni Kerajinan
6. Mengembangkan jiwa kewirausahaan melalui produksi barang dan
jasa yang berorentasi pelanggan
7. Mengembangkan dan mendayagunakan potensi sumber daya internal
dan eksternal
8. Mengembangkan sistem manajemen mutu dalam pembelajaran formal
dan informal
Respon Masyarakat terhadap Smk
Negeri 1 Pinranng cukup baik dan poditif , menurut mereka dengan adanya
sekolah ini mereka tidak perlu jauh- jauh untuk menyekolahkan anak mereka ke
sekolah yang berada di kota. Disekitar Smk Negeri 1 Pinranng ini juga
tedapat beberapa masyarakat berjualan seperti makanan-makanan ringan, Nasi
bungkus,Ice Cream dan masih banyak lagi. Disamping memudahakn para peserta
didik karena tidak usah berjalan jauh untuk mencari makanan pada saat jam
istirahat. Masyarakat juga menjadikan usaha tersebut sebagai mata pencarian
mereka, yang akan mereka gunakan untuk membiayai keluarganya dan kehidupan
sehari-harinya dan keluarga.
Sejarah lembaga
pendidikan TKA/TPA Mesjid Da’rusaadah
(Pendidikan Non
Formal)
Di
daerah tempat saya tinggal terdapat mesjid kompleks yang dijadikan sebagai
tempat para anak-anak untuk belajar mengaji. Awal berdirinya tempat tersebut
awalya hanya bermula pada anak-anak kecil yang ingin belajar membaca Al-Quran
dan akhirnya para warga berinisiatif untuk memberitahukan kepada pengurus mesjid
agar pengurus media dapat memberikan fasilitas kepada anak-anak tersebut. Jadi
pengurus penyanggupi hal tersebut untuk memberikan fasilitas tersebut. Kemudian
dalam waktu ke waktu tempat ini semakin dikenal dikalangan masyarakat. Adapun
respon masyarakat terhadap tempat ini ialah mereka sangat senang karena anak
mereka dapat diajar dan di bimbing agar dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan
benar. Dan juga tidak perlu membawa anak mereka keluar kota untuk mendapatkan
ilmu terebut .
Menurut
mereka dengan adanya TPA ini sangat membantu para orang tua yang ingin anaknya
lebih fasih dan lancar dalam membaca Al-Qur’an dan lebih memperbaiki cara-cara
pembacaan nya. Dan tidak perlu ketempat yang jauh untuk mendapatkan ilmu
tersebut.